Upah Bekam itu Khobits (Jelek)

Maret 8, 2009 pukul 3:00 pm | Ditulis dalam Muamalah | 4 Komentar
Tag: ,

Oleh Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin dalam Liqo’at Al Bab Al Maftuh, 213/14

bekam
Syaikh rahimahullah pernah ditanya:
Terdapat hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menyebutkan bahwa ‘upah bekam itu khobits (jelek)’. Namun sebaliknya dalam hadits lain disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi upah pada tukang bekam. Bagaimana mengkompromikan dua hadits semacam ini?

Beliau rahimahullah menjawab:
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah menyebut bawang merah, bawang bakung dan semacamnya dengan sebutan khobits (jelek). Apakah benda-benda tersebut halal atau haram? Jawabannya, bawang dan semacamnya tadi adalah halal. Upah bekam semisal dengan ini. Khobits yang dimaksudkan adalah jelek (buruk). Jadi yang dimaksudkan adalah tidak sepantasnya tukang bekam itu mengambil upah. Kalau ingin mengambil upah, seharusnya dia mengambil sekadarnya saja tanpa ambil keuntungan. Jadi, upah bekam ini bukanlah haram. Oleh karena itu, Ibnu ‘Abbas –radhiyallahu ‘anhuma- berargumen dengan pemberian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu upah pada tukang bekam, sehingga ini menunjukkan bahwa upah bekam tersebut adalah halal. Ibnu ‘Abbas mengatakan,

احتجم النبي صلى الله عليه وسلم وأعطى الحجام أجره ولو كان حراماً ما أعطاه
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam dan beliau memberi orang yang membekam upah. Seandainya upah bekam itu haram, tentu beliau tidak akan memberikan padanya.” [1]

Jadi khobits memiliki makna arti. Kita dapat melihat pada firman Allah ‘azza wa jalla,

أَنفِقُواْ مِن طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُم مِّنَ الأَرْضِ وَلاَ تَيَمَّمُواْ الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنفِقُونَ
“Nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang khobits (yang buruk-buruk) lalu kamu menafkahkan daripadanya.” (QS. Al Baqarah: 267)

Apa yang dimaksud dengan khobits dalam ayat di atas? Khobits yang dimaksudkan adalah sesuatu yang jelek (buruk). Jadi tidak setiap kata khobits bermakna haram. Kadang khobits bermakna jelek (buruk). Atau kadang pula khobits adalah sesuatu yang tidak disukai.

Diterjemahkan oleh hamba yang sangat butuh pada ampunan Rabbnya: Muhammad Abduh Tuasikal
Panggang, Gunung Kidul, 10 Rabi’ul Awwal 1430 H

_____________
[1] HR. Bukhari dan Muslim

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. assalaamu’a’laikum warahmatullaah

    kaifa haluk akh ?
    akh, bekam yang ada disekitar Bekasi letak alamatnya dimana ya … ?
    ana minta antum yang searching via internet akh. Barang kali antum lebih pandai dalam mengarungi dunia maya ini untuk mencari tempat bekam yang ada di sekitar Bekasi.

    Ana di Bekasi Selatan. Dekat Mall Metropolitan, Mall Gaint, Mall Bekasi Cyber Park [ex Hero].

    syukran atas bantuannya nanti
    jazakallahu khairan

    abu ihsan al-atsary

  2. Assalaamu’alaikum,

    Sekarang ini banyak yang mencari nafkah dengan menawarkan jasa bekam dengan tarif. Atau membekam gratis tapi sambil jualan obat herbal syariah yang setengah memaksa.

    Kalau mereka membaca hal di atas, kasihan juga kalau sampai berhenti karena “khobits”. Padahal bekam adalah pengobatan Rasul SAW yang wajib disyiarkan. Di samping murah, efek pengobatannya juga efektif.

    Jadi gimana sebaiknya? Kalau memang jelek, kenapa Rasul memberi ke tukang bekamnya? Sebenarnya apa tujuan penulisan ini?

    Terima kasih.

    EcoS

  3. Assalaamu’alaikum,

    Abu ihsan…… yg menayakan alamat bekam berada di sekitar daerah bekasi. Ana kasih alamatnya tapi daerah tambun.

    Rumah Sehat An ahl , Perumahan Tridaya Nuansa indah Bklok AA 01 no 12 Desa sumber jaya Kec Tambun Selatan . Bp Ustdz Sarno.Tlp 021 93200795, Dari Ps tambun masuk kiri kurang lebih 2km, naik mobil kwk dari pasar Tambun K 16 .

    Jazakallahu khairon

  4. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Klinik Baitusyifa, Alamat Ruko Sentra Niaga Kalimalang Blok A2/12 A Jl. A. Yani Bekasi. Dekat sekali dengan Metropolitan mall, Giant Hypermart maupun Bekasi Cyber Park. Tepatnya di seberang Islamic Centre Bekasi. Telp. 021-8848424, 021-98298544

    Terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: