Menangis Karena Takut Pada-Nya

Februari 22, 2009 pukul 3:13 am | Ditulis dalam Qolbu | 9 Komentar
Tag: ,

Disusun oleh Muhammad Abduh Tuasikal

Alhamdulillah wa shalaatu wa salaamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.
water3Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آَيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (QS. Al Anfal [8] : 2)

Ibnu Katsir mengatakan mengenai ayat ini,

“Ini adalah sifat orang beriman yang sebenarnya. Yaitu ketika mengingat Allah, hatinya menjadi takut (gemetar). Sehingga dia mengerjakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya.”

Sufyan Ats Tsauriy mengatakan bahwa dia mendengar As Sudiy berkata tentang ayat ini, bahwa orang yang disebutkan dalam ayat ini adalah orang yang berbuat zholim atau ingin bermaksiat. Lalu ada yang mengatakan padanya, “Bertaqwalah pada Allah.” Maka hatinya takut (gemetar). –Semoga Allah menjadikan kita memiliki sifat seperti ini-
Dalam ayat lain, Allah Ta’ala juga berfirman,

أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آَمَنُوا أَنْ تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ
“Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk takut hati mereka ketika mengingat Allah.” (QS. Al Hadid [57] : 16),

yaitu menjadi lembut (tenang) hati orang beriman ketika berdzikir, mendengar nasehat, mendengar Al Qur’an. Akhirnya hati tersebut menjadi memahami, mematuhi, mendengar dan taat ketika mengingat-Nya.
Allah Ta’ala juga berfirman,

وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَى الرَّسُولِ تَرَى أَعْيُنَهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ مِمَّا عَرَفُوا مِنَ الْحَقِّ يَقُولُونَ رَبَّنَا آَمَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ
“Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Qur’an) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri). seraya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Qur’an dan kenabian Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam).” (QS. Al Ma’idah [5] : 83)

Abdullah bin Az Zubair mengatakan bahwa ayat ini mengisahkan tentang Raja Najasiy dan pengikutnya.
Orang yang menangis karena takut kepada Allah Ta’ala, matanya tidak akan tersentuh api neraka. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari sahabat Ibnu Abbas,

عَيْنَانِ لاَ تَمَسُّهُمَا النَّارُ عَيْنٌ بَكَتْ مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ وَعَيْنٌ بَاتَتْ تَحْرُسُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ
“Dua mata yang tidak akan tersentuh oleh api neraka yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang bermalam (begadang) untuk berjaga-jaga (dari serangan musuh) ketika berperang di jalan Allah.” (HR. Tirmidzi. Hadits ini shohih ligoirihi –yaitu shohih dilihat dari jalan lainnya- , sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1229)

Inilah faedah dari orang yang menangis karena takut kepada-Nya. Mudah-mudahan kita termasuk orang semacam ini.

Walhamdulillah, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Yang selalu mengharapkan ampunan dan rahmat Rabbnya
Muhammad Abduh Tuasikal
Yogyakarta, 24 Shofar 1430 H

9 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Terima kasih sudah diingatkan, smoga kita semua dijadikan ahli ibadah oleh Gusti Alloh.

  2. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

    Jazakallahu khoiron jaza,bermanfaat sekali,semoga kita selalu istiqomah dalam beribadah

  3. Masya Allah,,,

    Salah satu dari rukun ibadah adalah dengan menumbuhkan rasa takut kepada Allah, selain dari rasa harap dan cinta.

    Jazakallahukhairan katsiran

  4. […] Menangis Karena Takut Pada-Nya Disusun oleh Muhammad Abduh Tuasikal […]

  5. Jazakallahu khoiron jaza atas pencerahannya,…..Para Shahabat sampai sampai ada bekas dipipinya dari tetesan air mata karena betapa besarnya rasa takut kepada-Nya. Semoga kita termasuk hamba-hambaNya yang senantiasa merasa takut untuk berbuat maksiat kepadaNya.

  6. terimakasih sudah mengingatkan, ana mohon izin untuk dicopy dan disebarluaskan demi kepentingan dakwah bagi yg belum mengetahuinya.

  7. @kodir, ya silakan akhi.

  8. Assalamu’alaikum Warrahmatullahi…

    Ustadz Abduh…salam kenal, saya Tommi. Saya minta ijin untuk menjadi pengunjung tetap blog punya ustadz ini karena saya lihat banyak sekali artikel2 bermanfaat yg bisa saya ambil ilmunya khususnya karena artikel2nya banyak bersandar pada Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW.

    Ustadz, saya mau tanya, apakah orang yang menangis ketika sedang membaca Al-quran karena saking menghayatinya walaupun ia tidak mengetahui maknanya bisa digolongkan sebagai org beriman dan apakah ia mendapat pahala?

    Terima kasih banyak atas jawaban Ustadz.

    Wassalamu’alaikum warrahmatullah

  9. Wa’alaikumus salam wa rahmatullahi wa barakatuh
    @ akhi tommi
    Iya silakan berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaaat.

    Ustadz, saya mau tanya, apakah orang yang menangis ketika sedang membaca Al-quran karena saking menghayatinya walaupun ia tidak mengetahui maknanya bisa digolongkan sebagai org beriman dan apakah ia mendapat pahala?

    Yang namanya memahami Al Qur’an adalah tentu saja dengan memahami maknanya. Jadi, berusahalah mempelajari makna Al Qur’an agar bisa menjadi orang yang menangis karena merenungkannya. Itulah yang sebenarnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: